Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change

 

Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada tahun 2021. Tujuan dari lahirnya program ini adalah mewujudkan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu. Sehingga, terdapat peningkatan kualitas dan kinerja.

Pencapaian tersebut harus didukung dan diperkuat dengan adanya kerja sama dan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Selain itu, juga hadirnya dukungan dari pemerintah daerah setempat dan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping.

Dilansir dari laman Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Vokasi menggarisbawahi bahwa program SMK Pusat Keunggulan bukanlah untuk membentuk “menara gading” atau sekolah favorit dibandingkan sekolah-sekolah lainnya. Melainkan, sekolah yang menjadi SMK PK diharapkan menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kinerja dan kualitas sekolah-sekolah di sekitarnya. Sehingga, semakin relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, menjelaskan bahwa SMK PK merupakan salah satu program unggulan yang akan menjadi ‘Merdeka Belajar’ yang ke-8. Proses persiapan pada program ini juga sangat detail, mengingat program ini berkaitan dengan 1,5 juta lulusan SMK di Indonesia. Baik lulusan yang bekerja, wirausaha, ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi, semuanya harus ‘link and match’ dengan dunia usaha dan dunia industri. (sumber: https://www.gamelab.id/)


Dalam kegiatan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) dengan judul Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change di SMK WAHIDIN KOTA CIREBON yang diisi oleh Bapak Supriyadi, S.T., M.T  Ketua Program Studi Bisnis Digital, dijelaskan bahwa Mindset dikatakan sebagai seperangkat sikap atau keyakinan yang kita pegang, pola pikir ini akan mempengaruhi persepsi kita dan bagaimana kita hidup di dunia.

Mindset Change / Growth Mindset kita bisa berubah, asalkan kita memiliki prinsip sebagai berikut :

  1. Keluar dari zona nyaman, ikuti perubahan
  2. Berpikir positif
  3. Selalu berpikir hasil tidak menghianati proses
  4. Berpikir tentang ketidaksempurnaan
  5. Berani menghadapi tantangan

© ‧ Program Studi S1-Bisnis Digital. All rights reserved.